Hari Pers Nasional , Hasyim Harapkan Wartawan Bekerja Profesional dan Tangkal Hoax

independensi pemberitaan

topmetro.news – Terkait Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari 2020, Ketua DPRD Medan Hasyim SE berharap agar wartawan tetap menjaga independensi pemberitaan sesuai kaidah aturan yang berlaku, dalam hal ini UU No. 40 Tahun 1999.

Hasyim mengatakan sebagai pilar keempat demokrasi, wartawan adalah alat untuk mencerdaskan bangsa. Hal itu tentu harus terlihat dari produk media dalam menyajikan berita yang berimbang.

Sambung Hasyim, di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini berbagai media online hadir. Dirinya pun berharap agar dalam mekanisme bekerja tetap memegang kaidah aturan yang dibuat. Serta membuat sebuah berita yang seimbang dan sesuai fakta.

“Wartawan mesti memegang teguh kode etik jurnalistik. Banyak yang bekerja tetapi melupakan kaidah jurnalistik. Dan saat ini era perkembangan teknologi atau digital sudah saatnya menangkal berita hoax,” kata Hasyim kepada wartawan, Minggu (9/2/2020).

Politisi PDIP itu sangat berharap semua media baik online maupun cetak, untuk terus memberikan informasi berkualitas dan berimbang. “Harapan ke depannya semoga insan pers dan media di Medan dapat terus eksis, lebik baik, dan maju. Berikan informasi berkualitas, berimbang, dan sesuai fakta yang ada,” katanya.

“Dan sekali lagi saya ingatkan agar hindari segala bentuk pelanggaran, seperti penyebaran hoax dan pelanggaran kode etik. Jadi media itu memiliki kontribusi yang besar agar benar-benar dapat menangkal informasi hoax pada era digital saat ini,” sambungnya.

PDIP dan DPRD Medan

Ketua DPC PDIP Medan itu mengatakan bahwa hubungan wartawan dengan pihak DPRD Medan sudah sangat baik. Termasuk dengan partai yang dipimpinnya.

“Selama ini hubungan pihak legislatif dalam hal DPRD Medan sangat baik dan menjadi satu informasi terdepan atas apa yang dialami masyarakat. Juga termasuk hubungan dengan PDI Perjuangan yang saya pimpin juga berjalan dengan baik. Sehingga apa yang diprogramkan bisa berjalan. Sebaliknya apa yang terjadi di tengah masyarakat bisa kami ketahui sebagai wakil rakyat untuk dicarikan solusi terbaik,” ucap Hasyim.

“Meski demikian, kritikan dan masukan terhadap kinerja kami juga di butuhkan. Agar upaya program dan kinerja kami berjalan dengan baik, sesuai dengan tumpuan harapan rakyat,” tambah Hasyim.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment